12 Kesalahan yang Hancurkan Diet

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

12 Kesalahan yang Hancurkan Diet

Post  Admin on Tue May 05, 2009 6:57 pm

Kesalahan yang sederhana saja dalam melakukan diet bisa menghancurkan usaha Anda untuk mencapai berat badan yang diimpikan. Jika skala berat badan tetap atau hanya turun sedikit, Anda bisa saja melakukan satu dari 12 kesalahan terbesar dalam penurunan berat badan berikut:

1. Bergantung pada diet yang tidak sehat
Karena ingin menurunkan berat badan 5 kg secara cepat, Anda memilih melakukan diet yang tidak sehat. Anda tidak mengkonsumsi apa-apa kecuali anggur dan soup kubis setiap hari. Anda memotong kalori harian Anda hingga lebih sedikit dari 1000 kalori, dan tentu saja berat badan Anda akan menurun.
Tetapi, saat Anda hanya mengkonsumsi sedikit kalori, Anda melatih sistim metabolisme Anda untuk bekerja secara lambat. Saat diet sudah selesai, tubuh Anda akan membakar kalori dengan lebih lambat, dan berat badan akan bertambah lebih cepat daripada sebelumnya.

2. Menghindari sarapan pagi
Menghindari sarapan kelihatannya merupakan cara sederhana untuk memotong jumlah kalori, tetapi sebagai akibatnya, Anda akan kelaparan terus-terusan sepanjang hari. Ini bisa membuat anda mengkonsumsi snack di kantor atau makan siang dengan porsi besar, sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak.
Sedangkan, sarapan pagi dengan makanan yang mengandung protein dan serat tinggi bisa mengurangi rasa lapar sepanjang hari. Pada kenyataannya, studi menunjukkan, orang yang sarapan setiap pagi lebih bisa mempertahankan berat badan yang sehat.

3. Kehilangan kendali akan snack
Mungkin Anda menghitung kalori makan pagi, siang, dan malam dengan sangat teliti, tapi bagaimana dengan jumlah kalori di antaranya? Ada banyak kue di meja kerja Anda, potongan kue lagi di pesta kantor, Sekali gigitan es krim dari corong es anak Anda. Semua ini bisa merusak diet Anda.
Jika serius dalam menghitung jumlah kalori, Anda bisa menggunakan buku catatan untuk menghitung setiap gigitan.

4. Sama sekali tidak mengkonsumsi snack
Tidak hanya makan snack tanpa aturan yang bisa merusak diet, tidak makan snack sama sekali juga mengakibatkan hal yang sama. Orang yang makan beberapa kali dengan porsi kecil ditambah dengan snack setiap hari, lebih bisa mengontrol rasa lapar dan menurunkan berat badan.
Snack membantu kerja sistem metabolisme khususnya jika snack kaya akan protein seperti kacang. Penelitian menunjukkan, orang yang menggunakan kacang sebagai snack cenderung lebih langsing daripada mereka yang tidak.

5. Memenuhi diri dengan makanan rendah lemak
Produk-produk yang rendah lemak memegang perana penting dalam diet Anda. Ingatlah, rendah lemak tidak sama dengan rendah kalori. Jika Anda memenuhi piring Anda dengan kue yang rendah lemak, Anda mungkin akan mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada mengkonsumsi sepotong kue biasa.
Cara terbaik untuk mengetahui jumlah lemak, gula, serta kalori yang Anda konsumsi adalah dengan memeriksa label kandungan nutrisi.

6. Minum terlalu banyak kalori
Saat menghitung jumlah kalori, banyak orang yang cenderung mengabaikan minuman. Anda melakukan kesalahan besar jika mengira hanya kopi dan minuman beralkohol yang mengandung lebih dari 500 kalori. Kalori dalam buah dan soda juga bisa menumpuk dengan cepat. Yang paling buruk, kalori cair tidak akan memuaskan rasa lapar. Porsi makan Anda tidak akan berkurang setelah minum minuman yang berkalori tinggi.

7. Terlalu sedikit minum air
Ini merupakan kesalahan terbesar yang paling mudah diperbaiki. Air sangat penting dalam membakar kalori. Jika Anda membiarkan diri Anda dehidrasi, metabolisme terganggu dan akan mempersulit penurunan berat badan.
Penelitian menunjukkan, orang dewasa yang minum 8 gelas atau lebih air setiap hari membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang minum lebih sedikit. Jadi, cobalah untuk minum lebih banyak saat makan atau mengkonsumsi snack.

8. Produk susu
Susu, keju, dan es krim merupakan makanan yang tabu bagi banyak orang yang sedang melakukan diet. beberapa penelitian menunjukkan, tubuh membakar lebih banyak lemak saat tubuh mendapatkan kalsium yang cukup dan memproduksi lebih banyak lemak saat tubuh kekurangan kalsium. Suplemen kalsium tidak menghasilkan keuntungan yang sama, jadi produk-produk susu mungkin mengandung komponen lain yang bisa bekerja. Para ahli diet merekomendasikan susu tanpa lemak atau rendah lemak, keju, serta yogurt sebagai pilihan yang baik.

9. Santai sambil makan
Bersantai setelah bekerja seharian tentu nyaman, tetapi seringkali Anda tidak sadar bersantai sambil memesan makanan. Anda bisa memilih salad atau makanan sehat lainnya, tapi tahankah Anda terhadap godaan milksake atau makanan tidak sehat lainnya? Jika Anda membiarkan diri menikmati fastfood sekali saja, itu bisa menjadi kebiasaan.
Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan dalam jangka panjang, orang-orang yang mengkonsumsi fastfood lebih dari 2 kali seminggu mengalami penambahan berat badan 5 kg lebih banyak dari mereka yang makan fastfood sekali seminggu.

10. Mengeluh setiap hari
Mengeluh merupakan bahan dasar frustasi dan tidak mendatangkan informasi berguna apa pun. Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan 1/2 atau 1 kg per minggu, Anda akan puas melihat hasil tersebut di skala timbangan. Hasilnya lebih memotivasi daripada keluhan-keluhan membingungkan yang Anda lontarkan setiap hari.

11. Menetapkan target yang tidak realistis
Jika ingin menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu, berarti Anda sedang melakukan kesalahan. Jika tahu kalau Anda tidak bisa melakukannya, Anda bahkan tidak akan memulai melakuan diet. Jika Anda benar-benar berdiet dan hanya turun 5 kg, Anda tidak akan bergembira tetapi semakin merasa tidak termotivasi dengan hasil yang Anda capai.
Target yang realistis sangat vital untuk berhasilnya diet. Jika tidak yakin mengenai target Anda, berkonsultasilah dengan ahli diet.

12. Menghindari olahraga
Kalau tidak melakukan olahraga, berarti Anda menempatkan semua beban penurunan berat badan Anda pada diet. Padahal, jika lebih aktif, Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan yang Anda suka, dan tetap menurunkan berat badan.

Kuncinya, mencari olahraga yang Anda sukai. Jika tidak suka treadmill, cobalah renang, balet, bersepeda, atau bermain ping pong. Semua kegiatan ini membakar lebih banyak kalori daripada jalan. Habiskan waktu Anda dengan melakukan berbagai aktivitas berbeda sampai Anda menemukan hal yang paling Anda sukai.

Admin

Umur : 37
Jumlah posting : 193
Points : 6035
Reputation : 0
Lokasi : Temanggung

Lihat profil user http://temanggung.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik